Rabu, 07 November 2007

Life is Hard “ Kampoeng Moeka Antjol ”


Life is Hard “ Kampoeng Moeka Antjol ”
(Benny “Benjie” Herlambang Photojournal)


Menyusuri daerah Kota Tua – Jakarta yang memang masih menyimpan sejumlah cerita dari para penduduknya, sebut saja “Kampung Muka – Ancol”. Meski bagian dari kampung bersejarah “Kampung Bandan” yang terpisahkan oleh jalan Lodan, Kampung Muka bisa dikatakan tidak lebih dari sekedar pemukiman liar yang kumuh.

Kontras kehidupan di Kampung Muka ini terlihat jelas dengan derunya pembangunan apartemen mewah dan pusat perbelanjaan yang makin menghimpit keberadaan kampung ini. Jalan sempit dan becek khas perkampungan kumuh adalah warna dari Kampung Muka yang berada sepadan dengan rel kereta yang menuju Stasiun Beos.


Meski berkesan kumuh, namun demikian para penghuni dari kampung ini cukup ramah seorang ibu pedagang nasi uduk istri sopir taksi ini berasal dari Lampung dan sudah tinggal di perkampungan ini selama 30 tahun mau mengantar kami berkeliling kampung muka ini. Begitu pula dengan para tetangga lainnya kehidupan mereka masih dilingkupi kebersamaan, satu sisi lain kehidupan di Jakarta yang semakin individualis dan penuh dengan kerakusan & ketamakan hidup.

Tidak ada komentar: